Rabu, 25 November 2015

SIMULASI KONFIGURASI FTP SERVER MENGGUNAKAN PAKET TRACER


FTP adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. Dua hal pokok pada FTP yaitu FTP Server dan FTP Client. FTP juga bisa dikatakan sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah framework.
 
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan pengngunggahan (upload) berkas-berkas komputer antara FTP Client dan FTP Server. Sebuah Client FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah Server FTP, sementara Server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah Client FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke Server FTP, serta mengunduh berkas dari Server FTP.

Topology


Hardware
-Sama seperti tulisan saya sebelumnya, hanya saja saya menambahkan 1 server untuk dijadikan FTP Server

Pengalamatan IP Address
-FTP Server : 192.168.1.251/24
-Untuk device yang lain ip sama seperti tulisan saya sebelumnya.
Konfigurasi
1.Buka server yang ingin di jadikan FTP server, lalu pilih Config -> FastEthernet. Kemudian isikan dengan IP address yang sudah di tentukan.



Kemudlian masih didalam Config pilih FTP, lalu kalian akan menemukan beberapa kotak dialog. Isikan username, password dan, hak akses untuk user yang hendak mengakses ftp server dari sisi client. Hak akses sangatlah penting, tidak sembarang orang boleh memiliki hak akses penuh karena demi menjaga keamanan data itu sendiri. Sebagai contoh saya menggunakan beberapa user :


Setelah membuat User, saatnya pengujian dengan menggunakan PC cient, Buka PC client dan pilih Desktop -> Command Prompt. Lalu ketikan “ftp ftp.nama_domain.com” dan enter. Kalian nnti akan di minta username dan password isikan lah dengan user yang kalian sudah dafttarkan di FTP server tadi.


Berikut adalah perintah yang bisa digunakan dalam ftp, kalian bisa menggunakan perintah “help” untuk melihatnya.


Sekarang kita akan mencoba melihat list isi dari FTP tersebut. Gunakan perintah dir untuk melihatnya.


Kemudian kita akan mencoba untuk mendownload salah satu dari file di atas. Gunakan perintah “get” untuk malakukannya.


Untuk melihat hasil download, kalian bisa keluar dari ftp dengan perintah “quit” lalu “dir” untuk melihat file yang baru saja di download.


Lalu kita akan mencoba untuk menempatkan kembali file yang sudah download ke ftp server. Gunakan perintah “put” untuk melakukannya.


Jika tampil seperti tampilan diatas maka konfigurasi yang kita lakukan telah berhasil dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar