Rabu, 25 November 2015

SIMULASI WEB SERVER DAN MAIL SERVER MENGGUNAKAN PACKET TRACER

Buatlah topologi seperti gambar dibawah ini, menggunakan 1 server, 2 PC, 1 switch dan kabel Automatically sebagai penghubung antara router, switch, dan PC.


Selanjutnya atur config pada server caranya adalah klik server, pilih Config, dan pilih FastEtherNet. Kemudian atur IP Addressnya. pada IP adress saya merubah menjadi 192.168.0.1


Kemudian atur DHCP pada server. DHCP. Atur tiap nilai Default Gateway dan DNS Server-nya menjadi IP Address yang sama yaitu 192.168.0.1 dari yang tadi sudah diatur sebelumnya, pilih on pada DHCP Interface


Selanjutnya mengatur DNS. atur nama DNS, pada gambar di bawah ini saya menggunakan nama dinar.com sebagai resource record, dan pilih on pada DNS Service.

Untuk mengatur http, saya akan membiarkannya diatur secara default.


Kemudian mengatur IP pada 2 PC, Pada PC 1 dan PC2  dengan mengklik PC kemudian pilih dekstop dan selanjutnya pilih IP Adress, pada IP Configurasi pilih DHCP yang nantinya secara otomatis IP otomatis terisi.




Setelah semanya sudah selesai, sekarang saya akan mencoba mengetes apakah Web Server berhasil dibuat atau tidak. Caranya ialah pilih salah satu PC. Kemudian pilih tab 'Desktop', klik ikon 'Web Browser'. Masukkan URL yang telah dibuat sebelumnya "dinar.com" dan tekan Enter.


Selanjutnya untuk membuat mailserver, setting pada server dengan cara double klik pada icon server, kemudian pilih service dan pilih email. setelah itu daftarkan nama domain, dan user setup.


Selanjutnya setting pada masing-masing PC untuk configurasi mail, pilih desktop kemudian pilih email dan configure email dengan nama yang sudah di setup pada server. lalu isikan incoming mail server dan outgoingmail dengan ip server.



Setelah semua konfigurasi selesai dilakukan pengetestan dengan cara mengirim email dari PC1 ke PC2. pada PC1 dengan alamat dinar@dinar.com yang merupakan alamat dari PC2, kemudian send

Setelah terkirim buka PC yang dikirimkan email, kemudian pilih email dan pilih tab receive, jika email yang dikirim telah masuk ke receive maka mailserver berhasil.



Maka akan tampilan mail yang telah diterima seperti gambar dibawah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar