Kamis, 19 November 2015

Analisis Web E-Commerce "Blanja.com"

Seiring perkembangan teknologi, kini masyarakat lebih cenderung memilih jual beli secara online. Persaingan ecommerce di Indonesia semakin ramai pula, banyak situs jual beli online mulai bermunculan. Salah satu yang terbaru adalah blanja.com. Blanja.com adalah perusahaan market place hasil kerjasama antara Telkom Indonesia dan Ebay, Blanja.com hadir sebagai market place yang menghubungkan antara penjual dan pembeli, dengan menawarkan berbagai macam produk unggulan. Dengan hadirnya blanja.com akan
menjadikan persaingan pasar belanja online di Indonesia semakin panas.

Kelebihan :
1.    Design yang simple, dan elegan dengan fitur-fitur yang mempuni.
2.  Pengguna yang ingin terdaftar sebagai penjual harus punya ijin bisnis dari pemerintah, dan mereka hanya bisa menjual barang-barang baru. Sebagai sistem filter yang memberikan rasa aman kepada pembeli.
3.   Blanja.com juga memberikan promo diskon setiap harinya. Proses transaksi yang mudah Selain dengan pembayaran melalui ATM, Internet Banking, VISA, MasterCard dan T-Cash.
4.    Blanja.com memiliki hubungan kerjasama dengan sejumlah bank terdepan di tanah air seperti Mandiri, BNI, BCA, BRI, BTN, Mega, Niaga, ANZ, BII, dan lain sebagainya. Hal ini menjadikan blanja.com sangat fleksibel dalam memberikan promo menarik bagi para pelanggan.

Kekurangan :
1.  Pengguna yang ingin terdaftar sebagai penjual harus punya ijin bisnis dari pemerintah, dan mereka hanya bisa menjual barang-barang baru.
Secara teori, kondisi tersebut bisa menyulitkan upaya Blanja dalam merangkul penjual. Pesaing-pesaing di sektor e-commerce seperti Tokopedia dan BukaLapak mengijinkan penjualnya menjual barang baru dan bekas meskipun tidak memiliki ijin usaha, dan membuat kedua situs tersebut bisa menarik lebih banyak penjual, sehingga mereka bisa menawarkan lebih banyak produk, dan tentu saja menarik lebih banyak pembeli.
2.    Walaupun berada di bawah induk perusahaan yang sama, marketplace Blanja (yaitu Social Shop) tidak punya fitur lelang seperti eBay.


Sumber :
Ebay hadir di Indonesia dalam https://id.techinasia.com/ebay-hadir-di-indonesia-blanja-com/, yang diakses pada 19 November 2015.
Review situs jual beli blanja.com dalam http://www.hanivinside.net/2014/12/belanja-online-di-blanjacom.html, yang diakses pada 19 November 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar