Selasa, 12 November 2013

Kalimat Majemuk dan Pola Kalimat dalam Bahasa Indonesia

I. Kalimat Majemuk Setara
Kalimat Majemuk Setara adalah kalimat majemuk yang terdiri atas beberapa kalimat yang setara (sederajat) kedudukannya dan merupakan penggabungan dari 2 kalimat atau lebih dengan menggunakan kata hubung.
Contoh kalimat majemuk setara :
  
1.  Saya menjual ayam goreng.
     Saya menjual sayur sop.
                                                      = Saya menjual ayam goreng dan sayur sop.

2. Saya pergi ke Rumah Nenek.
    Adik pergi ke Rumah Nenek.
    = Saya dan Adik pergi ke Rumah Nenek.

      3. Mansyur bermain congklak.
    Samsul  bermain bekel.
    = Mansyur  bermain congklak, sedangkan Samsul bermain Bekel.
 
      4. Sutinem anak yang rajin.
          Marjinah anak yang malas.
    = Sutinem anak yang rajin, sedangkan Marjinah anak yang malas.

5. Solihun adalah siswa berprestasi.
    Solihun rajin belajar..
    = Solihun adalah siswa berprestasi karena dia rajin belajar.

II. Kalimat Majemuk Bertingkat

Kalimat Majemuk Bertingkat adalah kalimat yang terjadi dari beberapa kalimat tunggal yang kedudukannya tidak setara/sederajat.
Contoh kalimat majemuk bertingkat :

1. Aku sedang belajar, ketika ibu sedang memasak.
2. Jika aku mendapat ranking 1, aku akan mendapatkan sepeda baru.
3. Solihun begitu berbakat, sehingga dia memenangkan kontes menyanyi.
4. Dengan cara menjual gorengan, dia mendapatkan uang untuk menghidupkan          
    keluarganya.
5. Sutarman terus bekerja, padahal dia sedang sakit keras.


III. Pola Kalimat

Dalam menuliskan kalimat dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar maka kita harus ketahui unsur-unsur yang biasanya dipakai dalam sebuah kalimat. Dalam bahasa Indonesia digunakan aturan SPO atau SPOK (Subjek, Predikat, Objek atau Subjek, Predikat, Objek, Keterangan), ditambah dengan pelengkap (pel).
Contoh kalimat beserta pola kalimatnya :

1. Samsul / sedang menyusun / karya ilmiah. 
        S                   P                             O
2. Ibu / memasukkan / pakaian / ke dalam lemari. 
     S              P                  O                   K
3. Solihun Band / bermain / musik / di atas panggung. 
         S                     P             Pel.              K
4. Dia / mengirimi / ibunya / uang / setiap bulan.
      S           P              O         Pel.           K
5. Makmun / mengirimi / saya / surat.
            S           P             O       Pel.

4 komentar:

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN PT Pertamina (Persero)

    BalasHapus
  2. terima kasih sekali. semoga dgn info ini UKK saya lancar amiin.. :D

    BalasHapus
  3. Info nya masih kurang,tapi terimakasih sudah membantu. SALAM BAHASA INDONESIA! {}

    BalasHapus
  4. Mantap gan ane yakin temen temen ane pasti mampir ke sini karna ad pr heheh...... salam SMPN 1 LOA JANAN RAENALD SYAPUTRA KELAS 9A :v

    BalasHapus