Selasa, 22 Oktober 2013

Bahasa : Fungsi Bahasa

Pada artikel ini, penuIis ingin membahas fungsi bahasa dan pengaplikasiannya dalam kehidupan 
sehari-hari. Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya, yang membahas tentang bahasa.

 I. Arti Peribahasa " Bahasa Lebih Tajam Dari Sebilah Pedang "

Dari kata-kata yang disebut dalam peribahasa tersebut, kita bisa mengetahui bahwa fungsi bahasa tidaklah selalu indah.  Makna konotasi 'sebilah pedang' dari peribahasa tersebut dapat dianalogikan sebagai sesuatu yang sangat tajam bahkan bisa menimbulkan ketidak tentraman.Dengan demikian, dari peribahasa itu dapat diketahui bahwa bahasa bisa menimbulkan ketidak tentraman dalam kehidupan, jika tidak digunakan dengan semestinya. 
Maka dari kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT yang diberi alat indra pengucap, harus menggunakan sebaik mungkin. Agar terciptanya kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat.

Untuk yang beragama Islam bisa menyimak firman Allah, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin

Allah berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًايُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَمَن يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu sekalian kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki amalan-amalanmu dan mengampuni dosa-dosamu. Barangsiapa mentaati Allah dan RasulNya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenengan yang besar” [Al-Ahzab : 70-71]

II. Contoh Penggunaan Bahasa dalam Keseharian

Bahasa merupakan salah satu cara kita untuk berkomunikasi dengan individu lain. Dengan bahasa kita bisa menyelesaikan masalah, bahkan kita bisa membuat masalah. Contohnya adalah banyaknya pertengkaran antar pelajar yang disebabkan oleh salah paham, atas perkataan yang dikatakan oleh satu pihak. Bahkan dari salah persepsi tersebut mengakibatkan permusuhan yang berkepanjangan, dan menyebabkan nyawa hilang sia-sia.

Tanpa disadari banyak sekali contoh pengguaan bahasa yang membuat hal baik, menjadi tidak baik,. Dalam hal lain bahasa berperan sebagai kontrol sosial, dimana bahasa berperan untuk mengatasi masalah di masyarakat. Contohnya Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo yang dikenal dekat dengan rakyatnya. Dalam mencairkan permasalahan di Ibukota, Jokowi selalu menjalin komunikasi dengan pihak masyarakat. Bahkan beliau, mengajak tokoh masyarakat terkait untuk makan malam bersama sekaligus untuk membicarakan masalah yang terjadi. Dari langkahnya tersebut Joko widodo berhasil mengatasi masalah yang terjadi masyarakat.

III. Kelebihan dan Kelemahan bila Kita Mempelajari Bahasa Indonesia

Sebagai bahasa nasional, kita harus mempelajari bahasa Indonesia. Menurut penulis ada beberapa kelebihan dan kelemahan  bila kita mempelajari bahasa Indonesia.
Kelebihan :
1. Kita bisa melestarikan, dan mensosialisasikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2. Membantu kita dalam membuat surat-surat penting, dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan sebagainya.
3. Membantu kita untuk menjalin komunikasi dengan Individu lain, agar lebih bisa dimengerti oleh orang lain.
4. Membuat kita memahami cara penggunaan kata yang tepat untuk menyampaikan kepada golongan orang yang berbeda latar belakang.

Kelemahan :
1. Banyak masyarakat yang menggunakan bahasa 'gaul' ( keseharian ), yang bertolak belakang dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2. Banyak masyarakat yang kurang sadar dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3. Bahasa Indonesia sulit dipelajari oleh orang asing.
4. Kalah populernya bahasa Indonesia di mayoritas masyarakat dunia.

Sekian untuk pembahasan mengenai fungsi bahasa pada artikel ini, semoga kita bisa melestarikan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Segala kesalahan adalah tanggung jawab penulis, dan kebenaran datangnya dari Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar