Senin, 21 Oktober 2013

Perbedaan WhatsApp dan Yahoo! Messenger

Semakin berjalannya waktu, teknologi selalu berkembang. Hal ini bisa kita cermati melalui cara teknologi membantu manusia untuk mengirim pesan. Pada artikel ini, penulis akan menjabarkan
perbedaan perangkat lunak WhatsApp dan Yahoo! Messenger, yang selama ini keduanya dikenal sebagai media yang sering digunakan manusia modern untuk berkirim pesan.

Sebelumnya penulis akan memberi penjelasan singkat mengenai WhatsApp dan Yahoo! Messenger. WhatsApp merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan yang dpopulerkan oleh WhatsApp Inc. Sedangkan Yahoo! Messenger merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Kedua aplikasi pengantar pesan ini.tanpa biaya SMS, karena keduanya menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain.

Berikut ini adalah perbedaan diantara kedua aplikasi tersebut, yang diamati oleh penulis :
 
SEGI PERBEDAAN
WHATSAPP (WA)
YAHOO MESSENGER (YM)
Mekanisme Invitation
Berbasis nomor telepon, sangat mudah digunakan karena pengguna bisa langsung mengirim pesan ke pengguna lain di daftar kontak yang sama-sama menggunakan WhatsApp, tanpa perlu repot mengirim "undangan" dan menunggu persetujuan.
Berbasis ID, sehingga membutuhkan pengiriman undangan dan otorisasi sebelum pengguna bisa mengirim pesan ke perangkat tujuan.
Privasi
Kurang terjaga, karena nomor telepon pengguna jadi tersebar ke mana-mana. Siapa pun yang memiliki nomor tersebut bisa mengirim pesan dan mengundang pengguna ke dalam grup tanpa butuh izin.
Lebih terjaga, karena berbasis ID.
Fitur Pendukung
Email Conversation,Search contact,  Call free, Block contact, Make Status, text Message service, chat rooms.
Secara garis besar fasilitas whatsApp tersedia di YM, tetapi kelebihan fasilitas YM yaitu memiliki Koneksi PC-PC, PC-Phone dan PC-to-PC Service, File Transfer, Webcam hosting,
Platform yang didukung
Mekanisme Sign In
Tidak memerlukan, karena secara otomatis ketika sudah register awal, untuk selanjutnya tidak menggunakan system Log.
Memerlukan, karena system YM memastikan setiap memasuki program melalui Log In ( kecuali dipengaturan diatur untuk bisa selalu menggunakan akun yang sama)
Jumlah Akun Dalam satu Perangkat
Hanya satu akun, karena menggunakan system pengidentifikasian SIM CARD. Kalau ingin mengunakan akun baru, harus menggunakan SIM CARD lainnya.
Bisa banyak akun, karena menggunakan system ID yang difasilitasi oleh yahoo mail.
  

 Referensi :
  1. Hartanto, AAT : " Panduan Aplikasi Smartphone", halaman 100.Gramedia Pustaka Utama, 2010. ISBN 100-6762-33-5
  2. http://tekno.kompas.com/read/2010/11/24/19145961/Rekor.Tiga.Juta..Download..Per.Hari
  3. http://www.whatsapp.com 
  4. http://tekno.kompas.com/read/2013/09/20/141834/blackberry.messenger.vs.whatsapp.bagus.mana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar