Sabtu, 11 Januari 2014

Jaringan Nirkabel

Jaringan Nirkabel adalah (wireless network) adalah kesatuan yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem tanpa menggunakan kabel .
Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan satu sistem komputer dengan sistem yang lain dengan menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperti: gelombang radio, gelombang mikro, maupun cahaya infra merah

Tipe-tipe Wireless Network

1.      Wireless Personal Area Networks (WPAN)
Wireless Personal Area Network (WPAN) adalah jaringan wireless dengan jangkauan area yang kecil. Contohnya Bluetooth, Infrared, dan ZigBee.

2.    Wireless Personal Area Networks (WLAN) / Wifi
Wireless Local Area Network (WLAN) atau biasa disebut Wifi memiliki jangkauan yang jauh lebih luas dibanding WPAN. Saat ini WLAN mengalami banyak peningkatan dari segi kecepatan dan luas cakupannya. Awalnya WLAN ditujukan untuk penggunaan perangkat jaringan lokal, namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.

3.                 Wireless Metropolitan Area Networks (WMAN)
Wireless Metropolitan Area Network (WMAN) adalah jaringan wireless network yang menghubungkan beberapa jaringan WLAN.  Contoh teknologi WMAN adalah WiMAX.

4.                 Wireless Wide Area Networks (WWAN)
Wireless Wide Area Network adalah jaringan wireless yang umumnya menjangkau area luas misalnya menghubungkan kantor pusat dan cabang antar provinsi.

Contoh Pengaplikasian konsep Jaringan Nirkabel :
1. Telepon genggam (bluetooth, infra merah, wifi, dsb)
2. Komunikasi wireless

Referensi :
Priyo Utomo,Eko.2011.Membangun Jaringan Komputer dan Server Internet.Jakarta:Mediakom
Stallings William.2009.Komunikasi dan Jaringan Nirkabel.Jakarta:Erlangga
Jaringan Nirkabel. Dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_nirkabel diakses tanggal 10 Januari 2014.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar