Minggu, 26 Januari 2014

Keamanan Jaringan & Keamanan Internet

Pada dasarnya, ancaman itu datang dari seseorang yang mempunyai keinginan untuk  memperoleh akses ilegal ke dalam suatu jaringan komputer dan jaringan internet. Oleh karena itu, harus ada system keamanan yang membentengi akses legal ke dalam sistem, agar mengurangi potensi ancaman yang dapat mereka timbulkan. Dalam artikel ini mari kita mengenal keamanan jaringan dan keamanan internet.

Keamanan jaringan komputer dan jaringan internet adalah proses untuk mencegah dan mengidentifikasi penggunaan yang tidak sah dari  jaringan komputer maupun jaringan internet. Tujuan keamanan jaringan komputer maupun jaringan internet  adalah untuk mengantisipasi resiko berupa bentuk ancaman fisik maupun logic baik langsung ataupun tidak langsung yang dapat mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung dalam jaringan komputer dan internet. Adapun Tugas keamanan jaringan dikontrol oleh administrator jaringan.

Keamanan didefinisikan ke dalam lima poin utama, antara lain:
  1. Confidentiality, mensyaratkan bahwa informasi atau data hanya dapat diakses oleh pihak yang memiliki wewenang. 
  2. Integrity, mensyaratkan bahwa informasi hanya dapat diubah oleh pihak yang memiliki wewenang. 
  3. Availability, mensyaratkan bahwa informasi tersedia untuk pihak-pihak yang memiliki wewenang ketika dibutuhkan. 
  4. Authentication, mensyaratkan bahwa pengirim suatu informasi dapat diidentifikasikan dengan benar dan terdapat jaminan bahwa identitas yang berikan tidak palsu (asli). 
  5. Nonrepudiayion, mensyaratkan bahwa baik pengirim maupun penerima informasi tidak dapat menyangkal pengiriman dan penerimaan pesan.
Serangan yang dilakukan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dapat digolongkan ke dalam empat kategori utama, yaitu:
  1. Modification, dimana suatu pihak yang tidak memiliki wewenang dapat merubah suatu perangkat atau asset. Contohnya adalah merubah nilai dari file pada data, memodifikasi program sehingga program tidak lagi seperti sebelumnya, dan memodifikasi pesan yang sedang dieksekusi dalam jaringan. 
  2. Fabrication, dimana pihak yang tak berwenang menyisipkan objek palsu yang bukan terdapat dalam sistem ke dalam sistem. Contohnya adalah pengiriman pesan palsu berupa iklan kepada orang lain dalam sebuah homepage. 
  3. Interruption, dimana aset dari suatu sistem diserang, sehingga menjadi tidak tersedia atau tidak dapat dipakai oleh pihak yang memiliki wewenang. Contohnya adalah perusakan terhadap perangkat keras dari suatu jaringan. 
  4. Interception, dimana pihak yang tidak memiliki wewenang mendapatkan akses bebas pada suatu perangkat. Pihak lain yang dimaksud dapat berupa orang, program, atau sistem lain yang tidak memiliki hubungan dengan jaringan. Contohnya adalah penyadapan terhadap data atau informasi dari sebuah jaringan. Hal sedang hangat baru-baru ini adalah penyadapan yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat dan Australia terhadap pemerintah Negara kita (Indonesia). Berita tersebut bisa kita pantau melalui www.kompas.com.
Dalam Keamanan jaringan dan Keamanan Internet ada beberapa macam aplikasi yang dapat digunakan, yaitu :
  1. Firewall, merupakan suatu router yang terpasang antara jaringan internal suatu organisasi dan internet. Aplikasi ini dirancang untuk mengirim paket data tertentu dan membatasi paket data yang lainnya. Contoh aplikasi firewall : ZoneAlarm FreeFirewall, Comodo Firewall, Private Firewall, dll. 
  2. Access Control, aplikasi ini merupakan suatu usaha untuk menyediakan keamanan pada suatu jaringan data. Suatu organisasi membutuhkan aturan pengontrolan akses untuk melindungi sumber daya yang dimiliki dari pengguna lain yang tidak memiliki kepentingan. 
  3. Application Layer Security, aplikasi ini bertanggung jawab dalam menyediakan keamanan dalam tingkat klien dan server saja. Kemanan pada tingkat ini sangatlah sederhana, dimana komunikasi melalui internet menyangkut dua pihak yang berhubungan, pengirim dan penerima. 
  4. Transport Layer Security, pada tingkatan ini, keamanan yang diterapkan jauh lebih rumit dengan keamanan sebelumnya. Dimana salah satu metode yang digunakan pada kemanan ini dikembangkan oleh Netscape, yaitu untuk keamanan pada internet. 
  5. Security at The IP Layer, pada IP (Internet Protocol), keamanan yang digunakan sangatlah kompleks, karena banyak perangkat yang telibat. Kemanan pada tingkat ini menggunakan IP Security (IPSec) yang merupakan sekumpulan keamanan pada paket data yang dikirim melalui internet yang menyediakan framework dan mekanisme keamanan.

Referensi :

- Susilo, Andik.2010.Teknik Cepat Memahami Keamanan Komputer dan Internet. Jakarta: Elex Media Komputindo.
- Aplikasi Firewall, dalam www.pusatgratis.com html di akses pada tanggal 29 Januari 2014.
- Keamanan Jaringan.Dalam www.id.wikipedia.org dan www.jaringankomputer.org yang diakses tanggal 29 Januari 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar