Selasa, 27 Januari 2015

TUGAS SOFTSKILL IV


NAMA  : CHAIRUL UMAM
NPM    : 51412573
KELAS : 3IA18

MEMBUAT ANIMASI PEMAIN SEPAK BOLA MENGGUNAKAN APLIKASI BLENDER

I. MEMBUAT OBJEK MENYERUPAI WUJUD MANUSIA




Jalankan aplikasi blender, pada tampilan awal blender kita akan menemukan cube / kubus beserta tanda panah yang menunjukkan sumbu X, Y dan Z. Dalam pembuatan pemodelan manusia kita gunakan kubus yang sudah ada, lalu tekan tombol 7 pada numpad keyboard untuk melihat objek dari sisi atas, dan buat edge pada objek dengan masuk ke editmode (tekan tombol TAB pada keyboard) serta tekan tombol CTRL+R, buat edge vertikal untuk membagi objek menjadi dua bidang (seperti tampak gambar di atas).
Setelah itu hapus bidang sebelah kiri, sehingga hanya ada setengah kubus ( caranya dengan memblok terlebih dahulu bidang sebelah kiri, dan tekan tombol x untuk menghapus ). Kemudian tambahkan mirror modifier (terletak pada menu tools sebelah kiri screen ), mirror modifier digunakan untuk membuat objek yang kita buat menjadi ganda, fasilitas mirror sering digunakan untuk pemodelan dan teksturing pada blender agar objek menjadi simetris.


Gambar diatas adalah proses pembuaatan objek adar menyerupai bentuk manusia. Dalam pembuatan model manusia ini kita akan banyak menggunakan extrude dan pembuatan edge. Silakan perhatikan gambar-gambar diatas untuk proses pembuatannya. Diawali dengan extrude kubus sehingga menyerupai badan, dan mengembangkannya ke bagian organ lainna, seperti kepala, tangan, kaki dan leher. Perlu diingat kembali kita di sini telah menggunakan Mirror Modifier, sehingga yang perlu di edit hanya bagian sebelah saja, karena bagian lainnya akan mengikuti bagian yang kita edit.

Lakukan penteksturan dengan teliti, agar menyerupai bentuk manusia. Adapun setelah merasa cukup, kita bisa lihat hasilnya dengan kembali ke objek mode atau kita bisa langsung render image. Berikut adalah hasil dari penteksturan yang telah dibuat, dilihat dari perspektif depan, belakang dan samping.


II. MEMBUAT OBJEK MENYERUPAI WUJUD BOLA



Setelah membuat objek manusia, sekarang kita akan menambahkan objek bola. Dengan cara tekan tombol SHIFT + A untuk perintah add / menambahkan objek, lalu pilih mesh dan pilih Ico Spere untuk menambahkan objek berupa bola. Kemudian jika bola sudah tampak di layar, kembali ke edit mode dengan menekan tombol TAB. Pada edit mode kita pilih face, sehingga pada bola memunculkan semua verteksnya.


Untuk langkah selanjutnya kita akan mewarnai bagian dari bola, dengan cara masuk ke panel shading, lalu masuk ke material ( simbolnya adalah bola ). Kemudian pilih new, dan secara otomatis akan terbuat material 1, untuk itu ganti nama materian 1 dengan nama ‘WHITE’ kemudian atur warna pada surface, pilih color dengan warna putih. Selanjutnya buat material baru dengan nama ‘BLACK’ dan atur warna pada surface, pilih color dengan warna hitam.


Jika sudah membuat material, kita bisa langsung memberi warna pada bola tersebut. Perlu diketahui bahwa, bola yang akan diwarnai nantinya mempunyai corak hitam dan putih. Langkah pembuatannya dengan pilih dalah satu bidang pada bola lalu tekan tombol SHIFT + G lalu pilih area. Kegunaan dari langkah tersebut adalah kita memilih area yang sejajar dengan bidang pilihan kita. Selanjutnya pilih material ‘Hitam’ dan pilih assign, maka area yang terpilih tadi berubah menjadi warna hitam. Begitupun sebaliknya, untuk area yang belum diberi warna kita select dan beri material ‘White’ maka area tersebut bewarna putih, dan bola yang telah kita buat memiliki corak selayaknya bola sungguhan yaitu memiliki corak hitam dan putih.

Selesai sudah, pembuatan objek manusia dan juga sebuah bola. Untuk objek manusia masih terbatas pada bentuk fisiknya saja, untuk membuat objek tersebut bisa bergerak selayaknya manusia harus ditambahkan ‘tulang-tulang’ didalamnya atau dalam blender disebut Rigging. Adapun untuk melihat hasil yang kita buat, render image dari project tersebut.


III. MENAMBAHKAN KERANGKA PADA OBJEK

Kita akan coba membuat kerangka pada objek manusia, agar objek tersebut bisa bergerak dalam pembuatan animasi. Dalam blender teknik ini dikenal dengan rigging. Teknik ringging tulang berikut ini, saya sampaikan dengan teknis yang sangat sederhana. Oke kita mulai untuk rigging kali ini:

1. Klik File, user preferences, lalu klik tab addons,  lalu aktifkan addon Rigging rigify :


2. Sekarang saat kita melihat di kolom ADD, pilih Amature, maka akan muncul pilihan HUMAN. Sekarang buat di 3D view. Pastikan dulu bahwa 3D cursor tepat di pusat grid. Gunakan SHIFT+C untuk mereset 3D cusor, lalu buat objek HUMAN armature. Masuk ke EDIT MODE (TAB), dan ganti pivot point menjadi 3d Cursor. Sekarang scale Human armature sesuai ukuran badan manusia. Nyalakan XRAY di tab objek data untuk menampilkan bone ketika sudah disatukan.


3. Sesuaikan ukuran bone dengan ukuran objek, dengan scale untuk menyesuaikan ukuran, dan hal terpenting yaitu memasukkan bone kedalam objek. Dibawah ini adalah gambar objek ketika sudah selesai di masukkan bone.


4. Selanjutnya kita akan coba untuk mencoba membuktikan apakah rigging yang kita lakukan berhasil. Pertama kita gabungkan objek dengan bone dengan klik TAB untuk masuk ke OBJECT MODE, kemudian select tubuh objek manusia, tekan SHIFT + select bone menggunakan mouse. Pada langkah ini harus lah teliti dan berurut, apabila langkah tersebut sudah benar maka objek yang kita select akan berwarna orange. Kemudian tekan CTRL + P dan pilih WITH AUTOMATIC WEIGHTS, sekarang proses penggabungan antara tulang dengan objek sudah selesai.


5. Pada langkah selanjutnya yaitu masuk kedalam POSE MODE, dan select bone dengan klik kanan pada mouse, lalu gerakkan sesuai dengan arah sumbu. Jika objek bergerak maka rigging yang kita lakukan berhasil. Ketika sudah berhasil atur posisi tubuh objek tadi, seolah-olah sedang menendang bola. Seperti tampak pada gambar dibawah ini :


IV. MEMBUAT ANIMASI


Kita akan merangkai objek tersebut menjadi sebuah animasi. Untuk membuat sebuah animasi kita akan bermain dengan frame. Didalam sebuah frame akan menampilkan setiap gerakan pada objek. Langsung saja pada implementasinya, pertama pastikan dibagian bawah layar blender terdapat editor TimeLine ( bentuknya berupa bar yang disertai tombol play, back dan next ).


Atur posisi objek dalam pose mode, dan setting pada Time ‘1’. Selanjutnya select seluruh bone dengan menekan tombol A pada keyboard. Kemudian tekan tombol I lalu pilih locrot untuk menyimpan posisi objek pada sebuah frame.

Pada time 1 yang telah kita buat, merupakan posisi awal ketika kita akan menjalankan animasi tersebut. Jika sudah, lalu buat posisi pada objek seakan – akan objek manusia melakukan jugling pada bola dan pada akhirnya akan menendang bola (Sesuai tema karakter yang ingin kita buat, pada contoh ini akan dibuat animasi sederhana seorang pemain bola ). Berikut adalah contoh gerakan pada layer yang akan kita buat :


Setelah kita membuat semua gerakan yang sudah disimpan dalam layer. Untuk menjalankan animasi yang tela dibuat, kita bisa menjalankannya dengan memilih tombol play yang terletak dibawah layar blender.

Adapun jika sudah merasa cukup dalam pembuatan animasi, kita bisa menyimpan file dari animasi tersebut dalam bentuk video. Yaitu dengan cara merendernya, adapun langkah-langkahnya, pertama kita pilih icon camera pada menu yang terletak disebelah kanan layar. Icon tersebut adalah icon dari render. Setelah itu atur format file yang akan dibuat, beserta ekstensinya, dan tidak lupa pula kita atur tempat penimpanan dari file tersebut dalam komputer kita.

Kemudian setelah semua tahapan tersebut sudah dilakukan, pilih render animation untuk merender animasi yang sudah kita buat. Tunggu hingga semua layer selesai dirender. Apabila semua frame sudah selesai di render cek pada tempat penyimpanan yang kita atur tadi, apakah video animasi sudah ada, jika ada proses render yang kita lakukan sudah berhasil.

V. HASIL RENDER ANIMASI

Animasi diatas merupakan animasi singkat yang menceritakan pemain bola yang sedang jugling serta menendang bola. Jikalau kita ingin membuat gerakannya semakin kompleks tambahkan gerakannya dan jika ingin menghasilkan gerakan yang halus atur interval dari setiap pergerakannya

Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca, dan saya sebagai penulis mengharapkan kritik maupun saran agar lebih baik lagi.

Referensi :
http://www.blender.org/support/tutorials/
https://www.youtube.com/playlist?list=PLzmyR17f55-LVbgnzhS4Xl9zJ3dSCdYW3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar