Senin, 28 Maret 2016

VIRTUALISASI

Pengertian Virtualisasi

Jika merujuk dari kamus Oxford, virtualisasi merupakan turunan dari katavirtualize yang artinya convert (something) to a computer-generated simulation of reality. Dalam terjemahan bebas, virtualisasi diartikan
mengubah sesuatu (mengkonversi) ke bentuk simulasi dari bentuk nyata yang ada.


Virtualisasi tidak menciptakan versi fisik, melainkan virtual, sistem operasi komputer, sumber daya jaringan komputer, atau perangkat penyimpanan. Contoh yang paling sering dijumpai adalah pembuatan komputer virtual yang fungsinya menyerupai komputer fisik terpisah. Dengan virtualisasi, perangkat lunak diubah dari satu komputer fisik menjadi beberapa komputer virtual yang lebih bermanfaat.

Inti dari virtualisasi adalah membuat simulasi dari perangkat lunak, sistem operasi, jaringan maupun yang lainnya. Pada bidang teknologi informasi, virtualisasi digunakan sebagai saranan untuk improvisasi skalabilitas dari perangkat keras yang ada.

Menurut Alan Murphy dalam papernya yang berjudul Virtualization Defied - Eight Different Ways, menyebutkan beberapa istilah dalam penerapan virtualisasi, yaitu:
  1. Operating System Virtualization
  2. Application Server Virtualization
  3. Application Virtualization
  4. Management Virtualization
  5. Network Virtualization
  6. Hardware Virtualization
  7. Storage Virtualization
  8. Service Virtualization
Manfaat Virtualisasi

Dalam dunia usaha, virtualisasi dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan, khususnya pada bagian IT perusahaan. Jika perusahaan memiliki beberapa server, maka dapat digunakan virtualisasi server untuk mengurangi jumlah server fisik, sehingga biaya yang digunakan untuk pemeliharaan dan keamanan akan berkurang. Fitur ini juga memungkinkan untuk melakukan optimasi investasi perangkat keras yang ada dan dapat pula dengan mudah mengatur sistem redundan untuk pemulihan gangguan, tanpa harus menambah perangkat keras lainnya.

Beberapa manfaat lain yang dapat dirasakan adalah minimnya biaya operasional, contohnya adalah tagihan listrik. Karena penggunaan yang lebih sedikit, maka secara tidak langsung biaya yang digunakan untuk membayar listrik juga akan terpangkas. Selain itu virtualisasi juga dapat menghemat ruang untuk penyimpanan server yang digunakan.

Perbedaan Virtualisasi dan Teknologi Cloud

Virtualisasi sering dikaitkan dengan cloud, namun keduanya tidaklah sama. Keduanya memang dapat mengurangi biaya infrastruktur dengan melakukan optimasi penggunaan sebagian besar sumber daya komputasi.

Komputasi cloud memungkinkan seluruh layanan atau aplikasi berjalan di jaringan komputer terdistribusi. Cloud memiliki dua layanan, publik dan pribadi. Cloud publik dapat berupa layanan berlangganan seperti email berbasis web atau Office 365 pada Windows dan layanan komunikasi seperti Skype dan Lync. Sedangkan cloud prbadi menawarkan layanan yang dapat disesuaikan dengan server perusahaan atau server penyedia layanan TI.


Virtualisasi sediri merupakan komponen penting pada komputasi cloud, namun bahkan secara terpisah, virtualisasi dapat bermanfaat untuk perusahaan dalam berbagai skala.

Keuntungan Virtualisasi
  1. Pengurangan biaya investasi hardware.
  2. Kemudahan backup dan recovery
  3. Kemudahan deployment
  4. Mengurangi panas
  5. Mengurangi biasa dan ruang
  6. Kemudahan maintenance dan pegelolaan
  7. Standarisasi hardware
  8. Kemudahan replacement
Sumber:
http://dosen.gufron.com/artikel/pengertian-virtualisasi/8/
https://www.excellent.co.id/product-services/vmware/keuntungan-teknologi-virtualisasi-cloud-computing/
https://www.microsoft.com/id-id/business/business-news/virtualization-and-cloud-technology/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar