TUGAS SOFTSKILL
III
NAMA : CHAIRUL UMAM
NPM : 51412573
KELAS : 3IA18
3D MAX
A. SEJARAH SINGKAT
Produk asli 3D Studio diciptakan untuk platform DOS
oleh Grup Yost dan diterbitkan oleh Autodesk. Setelah 3D Studio DOS Release 4,
produk tersebut ditulis ulang untuk platform Windows NT, dan berganti nama
menjadi “3D Studio MAX.” Versi ini juga awalnya diciptakan oleh Grup Yost.
Album ini dirilis oleh Kinetix, yang pada saat itu divisi Autodesk media dan
hiburan. Autodesk membeli produk ini di tanda rilis kedua versi 3D Studio MAX
dan pengembangan diinternalisasi seluruhnya selama dua rilis berikutnya.
Kemudian, nama produk diubah menjadi “3ds max” (semua huruf kecil) untuk lebih
sesuai dengan konvensi penamaan Discreet perusahaan, sebuah perangkat lunak
berbasis di Montreal yang telah dibeli Autodesk. Pada rilis 8, produk tersebut lagi
dicap dengan logo Autodesk, dan namanya kembali diubah menjadi “3ds Max” (atas
dan huruf kecil). Pada rilis 2009, nama produk diubah menjadi “Autodesk 3ds
Max”.
B. PENGERTIAN
3D Studio Max atau biasa dikenal dengan 3D Max adalah
suatu software (Perangkat lunak) untuk membuat sebuah grafik vektor 3 dimensi
dan animasi. ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment, dulunya dikenal
sebagai Discreet and Kinetix. 3D Studio Max dikembangkan dari pendahulunya
yaitu 3D Studio for DOS, tetapi untuk platform Win32.
Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir
Autodesk, Discreet Logic. Yang sampai saat penulis membuat artikel ini yang
terbaru adalah 3D Studio Max versi 9. Para desain grafis banyak menggunakan
software ini digunakan untuk membuat sebuah film animasi, arsitektur rumah,
ataupun membuat logo suatu perusahaan.
Untuk menjalankan aplikasi ini membutuhkan spesifikasi
komputer yang cukup tinggi agar mendapat kenyamanan saat menggunakannya. Karena
banyak proses yang membutuhkan grafik yang tinggi untuk melakukan rendering dan
sebagainya.
C. KEGUNAAN
Software 3D-Max biasa digunakan untuk :
- Architecture Design
- Interior Design
- Landscape Design
- Cartoon Design
- Logo Design
- Stage Design
- Stand Design
- Game Design
- Furniture Design
D.
FITUR - FITUR PADA 3DMAX
- Kinerja
Pernah bekerja dengan meningkatkan jumlah data yang lebih kompleks dan layar. Baru 64-bit versi AutoDesk 3ds Max 9 mengambil keuntungan dari teknologi terbaru advancements, ke alamat Anda menghadapi tantangan di generasi produksi Pipelines.
- Produktivitas
Cepat dengan model bentuk anorganik Pro Booleans. Animasi ke tempat terpisah dengan mudah tweak lapisan padat dan rumit animasi. Melihat pemandangan kompleksitas statistik bersama dengan hasil Fram rate untuk mengukur dan mengoptimalkan kinerja pemandangan. Fitur tambahan di 3ds Max 9-seperti memecahkan lebih cepat dari kompleks kain dinamika-memberikan kecepatan dan ketepatan waktu yang diperlukan untuk memenuhi produksi sensitif deadlines.
- Pipa efisiensi
Berbagi file dengan mudah,
lagu-bekerja dalam kemajuan-aset, dan menyesuaikan produksi Pipelines kreatif
untuk mempercepat workflows. Perbaikan “XRefs” untuk lebih baik interaksi
terkait dengan aset, dukungan untuk path relatif, dan AutoDesk ® Vault fungsi
membantu mengoptimalkan alur kerja tim produksi dan mengelola kerjasama antar
anggota tim kreatif.
- Rendering Enhancements
Menghasilkan foto yang
menakjubkan-nyata imagery. Gunakan baru mental ray ® 3,5 shaders dengan mudah
membuat indah langit dengan bayangan dari matahari atau mensimulasikan mobil
metalic cat. Selain itu, baru untuk preset Ambient kemacetan, dibulatkan sudut
efek, reflections, dan refractions memudahkan mencapai realistis, hasil yang
menakjubkan. Manfaatkan kecanggihan penuh kekuatan mental ray rendering mesin
AutoDesk dalam perangkat lunak 3ds Max 9.
E. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN 3D MAX
Kelebihan 3D Max
·
Mampu
membuat objek Virtual secara 3 dimensi. dan bentuk dapat diubah sesuai
keinginan.
· Mampu
memberikan kesan material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan
tanah.
· Mampu
memberikan efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti efek cahaya dan
bayangan, efek atmosfir seperti api, kabut dan lighting.
· Dapat
menjalankan proses animasi, gambar dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta
diatur proses animasinya.
Kekurangan 3D Studio Max
3D Studio max mungkin bagus untuk
pemula dan dapat membuat karakter efisien dan cepat, tetapi memiliki beberapa
kelemahan bahwa harus dipertimbangkan. Dibandingkan dengan Maya 3D, kemampuan
untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih
lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit
untuk kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan
cara kereta jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil dalam program ini.
F. TAMPILAN AWAL 3D MAX
- Menu, berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita buat. Prinsipnya hampir sama dengan menu-menu yang ada pada software pada umumnya.
- Tool Reactor, berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor
- Command Panel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout.
- Viewport, merupakan area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back, perspectift dan user. Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.
- Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar seperti tampak pada gambar di bawah ini :
Sumber :
Andi
M.Sc. 2010 . Panduan Belajar 3DS Max 2009.
Jakarta : Madcoms
http://nurhikmah23.blogspot.com/2012/01/pengertian-3d-max.html
http://nurhikmah23.blogspot.com/2012/01/pengertian-3d-max.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar