Search
Engine Optimization (SEO) adalah pengetahuan untuk merekayasa elemen-elemen
website untuk mendapatkan rangking yang tinggi di mesin pencari. Pendek sekali,
tapi memang hanya itulah esensi SEO. Ada sangat banyak elemen baik external
maupun external yang mempengaruhi ranking website di mesin pencari dan karena
itu patut menjadi perhatian kita. SEO yang baik adalah sesuatu yang sangat
sulit, dan SEO yang hebat tidak akan pernah bisa kita capai.
Mengapa
SEO menjadi sangat penting?
Bayangkan anda berada di tengah kerumunan ribuan orang dan seseorang berusaha mencari anda. Bagaimana anda bisa ditemukan di tengah kerumunan orang yang sepintas semua nampak mirip satu sama lainnya. Bayangkan jika kemudian ada cara untuk memisahkan, semua pria memakai celana panjang dan semua wanita memakai rok. Sekarang orang yang mencari anda harus mencari diantara setengah dari kerumunan orang yang ada. Anda bisa terus menambahkan kriteria-kriteria lain untuk menyaring sehingga tinggal tersisa sekelompok kecil orang sehingga anda lebih mudah ditemukan.
Bayangkan anda berada di tengah kerumunan ribuan orang dan seseorang berusaha mencari anda. Bagaimana anda bisa ditemukan di tengah kerumunan orang yang sepintas semua nampak mirip satu sama lainnya. Bayangkan jika kemudian ada cara untuk memisahkan, semua pria memakai celana panjang dan semua wanita memakai rok. Sekarang orang yang mencari anda harus mencari diantara setengah dari kerumunan orang yang ada. Anda bisa terus menambahkan kriteria-kriteria lain untuk menyaring sehingga tinggal tersisa sekelompok kecil orang sehingga anda lebih mudah ditemukan.
Website
kita bisa dianalogikan seperti situasi anda di tengah kerumunan tadi. Di tengah
kerumunan jutaan website – diperkirakan saat ini ada lebih dari 100 juta
website dan terus bertambah sekitar 1.5 juta setiap bulannya – bahkan di mata
mesin pencari yang mengirim crawler-crawlernya untuk mendaftar website, website
kita hampir tidak terlihat. Agar website kita mudah terlihat, bahkan oleh
crawler sekalipun, sejumlah elemen tertentu harus nampak jelas. Seperti orang
yang tingginya lebih dari 2 meter akan lebih mudah ditemukan diantara kerumunan
ribuan orang. Inilah alasan mengapa kita memerlukan SEO, agar website kita
mudah ditemukan.
Secara
kebetulan, cepat atau lambat website kita akan ditemukan oleh mesin pencari,
dan akan mendapat tempat, entah dengan urutan ranking nomor berapa, diantara
ribuan, ratusan ribu, bahkan jutaan website lainnya. Tapi berada di halaman
kesepuluh atau keseratus tidak ada bedanya dengan tidak terkihat sama sekali.
Agar bisa ditemukan, website kita memerlukan ranking yang jauh lebih baik.
Setidaknya berada di tiga halaman pertama hasil pencarian. Orang tidak akan
mencari lebih jauh dari halaman ketiga, kebanyakang mungkin malah tidak akan
sampai sejauh itu. Kenyataannya hanya website yang berada di halaman pertama
sajalah yang mendapat cukup pengunjung yang kemudian membeli produk yang
ditawarkan. Itulah sebetulnya tujuan akhir SEO, mengasilkan uang dari pembelian
yang dilakukan oleh pengunjung website.
Untuk
mendapatkan ranking yang tinggi, ditemukan oleh Crawler mesin pencari saja
tidaklah cukup. Ada sejumlah kriteria tertentu yang harus dipenuhi agar website
kita terdaftar dengan nilai lebih tinggi dari website-website lainnya. Beberapa
kriteria yang diidentifikasi crawler mesin pencari diantaranya:
·
Anchor
text (teks yang dipergunakan sebagai link menuju halaman / website lain.
·
Popularitas
website
·
Relevansi
link
·
Kata
kunci
·
Bahasa
·
Isi
secara keseluruhan
·
Umur
website
Secara
umum, beberapa faktor memberikan pengaruh terhadap posisi website di mesin
pencari, bahkan walaupun kita tidak memberikan perlakuan khusus. Tapi tanpa
melakukan upaya yang semestinya, kita hanya membiarkan website kita mendapatkan
hasil secara kebetulan saja. Kira-kira sama seperti membuka toko tanpa
menempelkan merk dan produk yang kita jual. Anda akan mendapat beberapa
pengunjung, tapi karena tidak ada yang mengenali keberadaan toko anda, yang
datang berkunjung hanya orang yang kenal dengan anda secara pribadi, atau
pejalan kaki yang penasaran.
2. Menyusun Rencana SEO
1.
Menentuka Prioritas
Prioritas
tertinggi semestinya diberikan kepada halaman yang diharapkan akan menjadi yang
paling banyak dikunjungi, misalnya homepage atau halaman dimana pengunjung
diharapkan akan mengambil keputusan untuk membeli produk yang kita tawarkan.
Lakukan sinergi dengan pola bisnis kita secara keseluruhan, sesuaikan penentuan
prioritas ini dengan pola pemasaran bisnis kita. Alokasikanlah sebagian besar
waktu, tenaga, dan (mungkin) dana pada halaman-halaman yang menjadi priorits.
2.
Analisa Website
Buatlah tabel untuk menganalisa masing-masing
halaman. Teliti masing-masing elemen yang kita ketahui sebagai faktor yang
menentukan keberhasilan suatu halaman website untuk mendapatkan ranking yang
baik. Untuk masing-masing elemen dari setiap halaman, catat hasil pengamatan
kita, tentukan apa yang perlu kita lakukan untuk menyempurnakan elemen
tersebut, akan lebih baik jika kita juga menentukan deadline untuk diri
sendiri, kapan penyempurnaan itu akan kita selesaikan. Karena SEO merupakan
proses yang berkelanjutan, ada baiknya juga disertakan kolom untuk memberi
tanda jika penyempurnaan telah selesai dilakukan, dan kolom untuk nanti
menuliskan pengamatan kita tentang hasil penyempurnaan tersebut dan rencana
tindak lanjutnya.
Elemen-elemen yang perlu menjadi
perhatian diantaranya:
Tagging: Meta tag yang termasuk di dalam kode
masing-masih halaman website merupakan elemen penting agar suatu halaman
website dimasukkan ke dalam hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang kita
harapkan. Tag yang sangat menentukan adalah TITLE dan META-DESCRIPTION.
Isi
halaman: Seberapa baru? Seberapa dekat
relevansinya (dengan kata kunci yang kita targetkan, dengan halaman-halaman
lain di website kita, dan dengan halaman di website lain yang memiliki link ke
dan dari website kita)? Seberapa sering di-update? Seberapa banyak isinya? Isi
halaman merupakan faktor yang sangat penting. Ingat, mesin pencari menempatkan
kepentingan “pencari” sebagai prioritas utama, dan yang diperlukan “pencari”
adalah isi dari halaman web, baik itu informasi atau produk yang emreka
butuhkan. Jika isi website anda jarang diperbaharui, mesin pencari akan mulai
meninggalkan website kita dan memberikan nilai lebih baik kepada website yang
isinya lebih sering diperbaharui. Memang ada kasus-kasus khusus dimana
informasi tertentu merupakan informasi yang penting tapi kurang dinamis.
Website yang mengandung informasi jenis ini mungkin akan tetap mendapatkan
ranking yang baik meskipun isinya tidak pernah diperbaharui. Tapi ini
benar-benar merupakan penegcualian, secara umum mesin pencari memberi nilai
lebih baik untuk website yang isinya sering diperbaharui.
Link: Crawler (atau robot / spider)
menganalisa link baik dari maupun ke suatu halaman website untuk diikuti dalam
penjelajahannya mengumpulkan informasi mengenai website kita. Catatan
perjalanan crawler akan dianalisa mesin pencari untuk menentukan hubungan antar
halaman yang terhubung oleh suatu link. Link yang masuk harus datang dari
halaman lain yang relevan, link yang keluar harus pergi menuju halaman lain
yang relevan. Broken link (link yang halaman tujuannya tidak dapat ditemukan)
memberikan pengaruh yang sangat buruk. Pastikan semua link bekerja dengan baik.
Sitemap: Sitemap membantu mempermudah crawler
untuk menjelajahi seluruh isi website kita. Bedakan dari sitemap yang anda
tujukan untuk mempermudah pengunjung menemukan halaman tertentu di dalam
website anda. Sitemap yang ditujukan khusus untuk mesin pencari adalah dokumen
berbasis XML yang ditempatkan pada direktori utama server kita yang memuat
informasi untuk mesin pencari (URL, waktu update, relevansi, dsb.) Keberadaan
sitemap XML akan membantu agar seluruh halaman, bahkan yang paling jauh dari
homepage dapat terjelajahi oleh crawler mesin pencari. Pastikan bahwa sitemap
XML anda selalu di-update.
3. Strategi SEO
SEO
adalah pekerjaan berat. Diperlukan banyak waktu, tenaga, dan pikiran untuk
mengoptimasi elemen-elemen yang tepat dengan tepat, sehingga mesin pencari
bukan hanya menemukan, tetapi juga meng-indeks dan memberikan ranking yang
tinggi pada daftar hasil pencarian terhadap kata kunci yang ditargetkan. Semua
upaya ini perlu mendapat perhatian kita secara penuh dan terus-menerus, karena
sampai saat ini tidak ada sistem yang dapat melakukannya untuk anda secara
otomatis.
SEO
adalah kumpulan strategi untuk memperbaiki tingkat dimana website ditempatkan
denga ranking yang tinggi pada daftar hasil pencarian, ketika pengunjung
melakukan pencarian di mesin pencari, dengan menggunakan kata kunci yang
relevan. Itu kurang-lebih definisi SEO secara umum. SEO bukan pekerjaan yang
bisa dilakukan kemudian selesai dalam sesaat, tetapi terdiri dari beberapa
tahapan.
Keberhasilan
SEO lebih terjamin jika kita berkonsentrasi dengan mengimplementasikan strategi
satu persatu, dan tenpat yang tepat untuk memulainya adalah sejak website
dirancang. Hal yang pertama menarik mesin pencari adalah design website. Tag,
link, struktur navigasi, dan isi adalah beberapa elemen yang menarik perhatian crawler.
Satu
pemahaman umum yang secara mutlak salah adalah bahwa SEO dilakukan setelah
website jadi. Hal ini meskipun memungkinkan tetapi membawa tingkat kesulitan
yang jauh lebih tinggi, bahkan pada banyak kasus sama sekali tidak bisa. Salah
satu faktor yang sering menimbulkan konflik antara pemilik website dan ahli SEO
adalah ketika ahli SEO meminta pemilik website untuk melakukan perubahan – yang
sering sangat mendasar – pada websitenya terlebih dahulu.
4. White Hat SEO
White hat SEO bisa
di artikan dalam bahasa indonesia adalah topi putih yang di mana para webmaster
meyakini bahwa ini adalah tehnik paling aman dalam search engine
optimization,white hat SEO bisa
juga di kategorikan bahwa konten adalah raja dan web/blog tersebut berjalan
pelan tapi pasti.White hat SEOadalah
tehnik yang terbaik untuk suatu pemasaran walapun pesaing memang menjadi
hambatan menerapkan White hat SEO ini bisa memuaskan para pengunjung juga
pelanggan yang diharapkan karena apabila menerapkannya mau tidak mau pemilik
web/blog harus menganggap konten adalah raja yang memberikan informasi yang
tepat dan akurat.
Beberapa teknik yang mungkin berguna dalam White Hat SEO:
·
Informasi yang terarah
Membuat konten yang relevan dan
menunjukan informasi yang relevan juga, maksudnya adalah apabila ingin
memasarkan suatu produk maka pasarkanlah yang sportif tidak membuat kata kunci
yang lain yang diselipkan di dalam konten sehingga pengunjungpun mengetahui
maksud dan tujuan web/blog tersebut dengan produk yang diarahkan.
·
Menata web/blog dengan baik
White hat seo juga bisa di lakukan
dengan menata Web/blog secara baik bisa dilakukan dengan pemilihan template
yang SEO friendly dan mengatur CSS dengan merampingkannya sehingga daya muat
menjadi cepat, perlu juga di perhatikan java scriptnya.Juga membagi halaman
yang baik, dan adapun cara agar membuat loading blog menjadi lebih baik adalah
dengan compress css.
·
Pemberian meta tag
Berikanlah meta tag karena ini
sangat membantu terutama judul dan deskripsi yang perlu di perhatikan adalah
robot dan judul yang tepat dibawah head juga charset yang di gunakan agar
spider jelas membaca kode.Dalam pemberian meta tag bisa di lihat di
artikel meta tag complete seo friendly.
·
Buat kata kunci(keyword) yang relevan
Untuk white hat seo tempatkan judul
sebagai keyword dan juga deskripsi, ada baiknya di tempatkan di unsur berikut
ini:
·
Judul
·
Meta
Description
·
Kata kunci
Meta
·
Pos Unsur
h1-h6
·
Teks dengan
" "
·
Alt Tag yang
bisa di optimalkan di dalam gambar
·
Title Tag
·
Link yang
berisi kata kunci(keyword)
5. Black Hat SEO
Black Hat SEO diartikan sebagai suatu cara curang dalam
memanuver segi Optimasi sebuah web blog agar bisa menduduki halaman pertama
Searh Engine semisal google dan yahoo. Menurut informasi yang saya dapatkan
dari hasil browsing kesana dan kemari, Black Hat SEO ini memang terbukti ampuh menjajaki halaman
pertama search engine (yang secara tidak langsung dipaksa untuk bisa nangkring
di sana tapi bukan secara natural dan optimasi pada biasanya).
Beberapa teknik yang biasa
digunakan dalam Black Hat SEO:
·
Keyword
Stuffing, Teknik ini dilakukan dengan cara menaruh banyak kata
kunci (keyword) dalam suatu halaman web blog (artikel) agar bisa menarik
simpati dari search engine untuk bisa mengindeknya, dengan kata lain keyword
ini dimasukan ke dalam suatu (contoh) artikel, padahal antara artikel, judul
dan keyword tidak ada yang relevan.
·
Cloaking (halaman web blog
palsu), Teknik ini dilakukan untuk
menipu search engine bot dengan cara membuat sebuah halaman serta isi konten
yang palsu agar bisa menjaring pengunjung dengan cepat. Nah, perlu kita
ketahui, saya contohkan ketika kita membuka suatu halaman web blog, maka yang
kita buka itu adalah halaman yang sebenarnya tetapi ketika search engine yang
mengunjunginya maka teknik cloaking yang berupa script ini akan memberikan halaman
palsunya. (namun untuk cara cloaking ini saya kurang begitu memahami, karena
saya sendiri tidak pernah menggunakan Black Hat SEO).
·
Invisible
Keyword, Informasinya, teknik
inilah yang paling banyak digunakan oleh para blogger, karena saya pikir memang
cukup mudah, kita hanya perlu menaruh keyword yang banyak diantara kata-kata
dalam suatu artikel (walaupun konten tidak relevan) lalu keyword tersebut di
warnai sesuai dengan warna background web blog. Jadinya, keyword tersebut
secara kasat mata tidak akan terlihat, tapi search engine bot tetap bisa
melihatnya.
Akibat Black Hat SEO
Jika dari pengertian, tujuan dan teknik nya
saja sudah melanggar aturan (TOS) search engine, maka akibatnya juga sudah bisa
kita tebak. Walaupun dalam beberapa hari web blog bisa nangkrong di halaman
pertama search engine, tapi setelah itu web blog tersebut akan di black list,
lalu tidak akan diindeks lagi kemudian web blog akan masuk ke search engine sandbox
dan bisa jadi akan di banned.
Secara
umum teknik ini merupakan pelanggaran etika dalam mengoptimalkan sebuah web
blog, karena orang awam pun tentunya tahu bahwa sesuatu hal yang tidak sama
antara judul, konten dan keywordnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar